Tulang Bawang Barat Cerdas

Kabupaten Tulang Bawang Barat merupakan salah satu kabupaten yang menjadi daerah penempatan Pengajar Muda Gerakan Indonesia Mengajar, yang saat ini telah memasuki tahun kelima atau tahun terakhirnya di Tulang Bawang Barat (TuBaBa).

 

Selama lima tahun berada di TuBaBa, Indonesia Mengajar telah banyak memberikan kontribusi pada kemajuan dunia pendidikan TuBaBa, dengan mengajar menggunakan metode yang kreatif dan memberikan contoh yang nyata kepada guru-guru di daerah penempatan. Hal tersebut sangat menginspirasi guru-guru, kepala sekolah, juga pengawas untuk lebih berdedikasi pada bidang kerjanya. Ketika pada bulan Desember 2014 diadakan Forum Kepemimpinan Penggerak Daerah (FKPD) oleh Indonesia Mengajar dengan mengundang para local champion dan Pemerintah Daerah dari daerah penempatan Pengajar Muda.

 

Di sanalah Bupati TuBaBa mencetuskan ide untuk membuat program keberlanjutan dari Indonesia Mengajar agar apa yang sudah dilakukan Pengajar Muda di penempatan tidak terputus walaupun mereka sudah tidak ada di sana.

 

Kabupaten TuBaBa sendiri merupakan daerah pemekaran yang baru berudia 6 tahun. Sebuah kabupaten yang masih amat muda ini memberanikan diri untuk tidak disebut sebagai daerah tertinggal. Meskipun pendapatan daerah dan sumber daya manusia masih terbatas, namun semangatnya tidak terbatas. Berbekal dukungan penuh dari Pemerintah Daerah (Bupati), Dinas Pendidikan TuBaBa pun menindak lanjuti ide ini secara sungguh-sungguh. Dengan melibatkan tenaga profesional sebagai Project Officer TuBaBa Cerdas, program yang digawangi langsung oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan TuBaBa juga mengajak guru-guru, kepala sekolah serta pengawas untuk mewujudkan dan menjalankan ide tersebut. Dinas Pendidikan ingin memperlihatkan kesungguhannya membuat sebuah program yang berkualitas dan dikelola secara profesional. Bukan hanya program, tetapi TuBaBa Cerdas merupakan sebuah gerakan yang mengajak putra-putri daerah Lampung maupun di luar daerah Lampung untuk turut serta memajukan pendidikan di Kabupaten TuBaBa. Dengan menjadi bagian dari masyarakat Lampung selama satu tahun, mengajar di Sekolah Dasar, dan berbagi mimpi serta inspirasi kepada anak-anak dan masyarakat untuk mewujudkan pendidikan yang merata dan masyarakat yang sadar serta terlibat dalam kemajuan pendidikan.